Jumat, 11 November 2011

Awal gw belajar kejawen

Babe gue seorang yang agamanya fanatik, maklum doi orang asli betokao.
Doi punya istri 4, nyokap gw kebetulan istri yang ke 3, dan gw sendiri anak ke 7 dari semua kakak dan adik gw yang jumlahnya 12 orang.

Bokap gw cukup baik, tapi gak cukup adil kali ye, soalnya doi dari seminggu, 4 hari ada di rumah gw, karena menurut doi nyokap orangnye pengertian. Tapi kalau kata temen2 cowok gw, karena ibu gw seksi abis, dari mulai rambut, bibir, sampai betisnya, yang lain sih nggak usah di omongin dah.

Gw pernah ngomong dari hati ke hati sama nyokap, apakah nyokap senang karena bokap lebih sering di rumah kita? Nyokap bilang, doi gak enak sama istri-istri bokap yang lain, takut disangka mau monopoli, mainan kale...

Sampe satu hari nyokap pesen sama gw, jangan mau jadi istri keberapa aja, istri ya harus satu. Nyokap bilang, emang mau kalu doi punya suami lebih dari satu?

Dari omongan nyokap, gw berfikir, dimana salahnya ya? Soalnya menurut kepercayaan bokap, itu syah2 aja asal mampu dan adil.

Sampai satu ketika, gw ketemu tukang baso langganan gw di rumah. Doi orangnya sederhana banget cara berfikirnya.
Gw tanya, "Bang, abang khan masih muda ganteng lagi.. Kalau abang misalnya kaya, mau gak abang istrinya banyak?"
Jawabannya, bener2 buat gw terperangah, "Enggak mba, saya kan kejawen, jadi saya nggak boleh berbuat yang saya tidak mau kalau orang lain berbuat begitu sama saya. Bagemana kalu istri sy suaminya banyak?"

Weisss, keren konsepannye, kaye nyokap gue aje ngomongnye sama banget.

Emang kejawen apaan sih bang? Ntuh bukannye budaye jawe?

"Bukan mba, itu adalah sebutan buat penganut 'Agami Jawi'. Saya ini seorang kejawen, kalau mau enak harus juga ngenakin orang lain"

Bang lo jangan buat gw penasaran ye. Emang abang belajarnya dimane?

Jadi kejawen sih gak perlu belajar sama guru, "mba cukup puasa mutih (makan yg warnanya putih aja - nasi tanpa lauk apa2 dan air putih saja), setiap hari senin dan kamis, dan terus selama puasa mba ibaratnya ngomong dalem hati sama diri mba sendiri dah. Apa yang mba mau lakukan, sambil mba tanyain, kalau orang lain buat begitu juga ke mba, mba mau nggak? Kalau menurut mba, perlakuannya orang lain ke mba gak ada masalah ya udah jalanin deh."

Mulai hari itu, gw coba-coba deh apa yang si abang baso langganan gw bilang, apa ntuh yang namanya "Olah Roso"